Senin, 05 November 2012

demoskrejo.mpg

9 komentar:

  1. demo masayrakat ke bpn memng sering terjadi. permasalahan demi permasalahan tentang sertifikasi tanah selalu menjadi obrolan hangat para penggarap tanah.

    kesan bahwa BPN menelantarkan pekerjaannya dalam menyelesaikan sertifikat sering simpang siur ditelina masyarakat.

    mengapa ini terjadi??
    pada prosedurnya. penerbitan sertifikat tanah butuh proses dan waktu yang cukup panjang. pengukuran untuk 1 bidang tanah yang luasnya standar bisa menghabisakan waktu berjam-jam. penggambaran, plotting pada peta pendaftaran, Surat ukur, pemunculan NIB, nomor hak milik,
    yang terpanjang prosesnya dari semua itu adalah pengumumannya yang memakan waktu 2 bulan.

    bagaimana kasusnya kalau ternyata tanah yang dikerjakan lebih dari 1000 bidang. jika hanya dikerjakan dengan SDM yang biasa mungkin butuh waktu 1 tahun atau beberapa tahun. apalagi ada tanah yang akan disertifikasi masih belum jelas hak kepemilikannya. sertifikasi akan berjalan jika hak secara hukum tlah jelas.

    jadi bagaimana solusinya agar para pendemo tidak mendemo kantr bpn??
    kalau menurut saya, butuhnya updating informasi tentang sertifikasi tanah itu, kerjasama dengan kepala desa agar kiranya rutin memberikan informasinya kepada masyarakat.. butuhnya penyuluhan yang bisa membuat masyarakat merasa jelas, tahu, paham dan memaklumi keadaan yang sedang di hadapi oleh BPN.

    IMAM ABDILLAH, NIM:13/DI/2013 kelas G

    BalasHapus
  2. Salut pak....Pembawaan yang bijaksana saat menghadapi masalah yang pelik mengenai tanah ini. Masyarakat yang awam pada umumnya hanya demo-demo tanpa tau prosedur yang sebenarnya harus dilengkapi sebagai sarat legalisasi secara hukum. ( Yuda O.G DIV Semester III Kelas B 12212711).

    BalasHapus
  3. Saya menilai demo yang marak terjadi sebagai sesuatu yang manusiawi. Namun, untuk memenuhi tuntutan itu, harus dibarengi peningkatan produktivitas pelayanan BPN terhadap masyarakat, peningkatan produktivitas tersebut akan berdampak positif untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. :v
    Faisal Arif 13/D1/4640 (H)

    BalasHapus
  4. Tenang dan tegas merupakan sikap yang diperlukan oleh seorang Kepala Kantor Pertanahan dalam menghadapi demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat.
    Kepala Kantor juga harus menguasai permasalahan secara komprehensif sehingga seperti ditampilkan dalam video tersebut masyarakat dapat menerima apa yang disampaikan oleh Kepala Kantor Pertanahan.

    Nama : Enggar Prasetyo Aji
    NIM : 15242882
    DIPLOMA IV SEMESTER IV KELAS A
    TAHUN 2017

    BalasHapus
  5. Tenang dan tegas merupakan sikap yang diperlukan oleh seorang Kepala Kantor Pertanahan dalam menghadapi demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat.
    Kepala Kantor juga harus menguasai permasalahan secara komprehensif sehingga seperti ditampilkan dalam video tersebut masyarakat dapat menerima apa yang disampaikan oleh Kepala Kantor Pertanahan.

    Nama : Enggar Prasetyo Aji
    NIM : 15242882
    DIPLOMA IV SEMESTER IV KELAS A
    TAHUN 2017

    BalasHapus
  6. Saya sangat salut melihat video ini.. Beginilah seharusnya seorang pemimpin. Mampu menguasai keadaan dengan baik, memahami akar permasalahan, cerdas dan sangat tanggap. Dari video ini tercermin bahwa sebagai seorang pemimpin harus memiliki landasan yang kuat mengenai agama, ilmu dan sikap. Semoga untuk kedepannya pemimpin kita bisa mencontoh pada masa kepemimpinan Bapak dalam hal penyelesaian masalah pertanahan.

    Nama : Diah Retno Wulan
    NIM : 15242880
    Kelas : A
    D.IV Semester IV

    BalasHapus
  7. Kadang kita sebagai rakyat jelata selalu menyalahkan Pemimpin. Pemimpin jadi tumpahan kesalahan atas kerusakan yang di mana-mana terjadi. Pemimpin yang jadi biang kesalahan atas korupsi di berbagai jajaran. Semua gara-gara Si Pemimpin. Kenapa setiap orang tidak mengintrospeksi diri sebelum menyalahkan Pemimpin.

    Ibarat seorang pemimpin, tidak hanya memikirkan hak dan kewajiban bawahannya, masyarakatnya, tetapi juga memikirkan hak dan kewajiban terhadap atasannya, apa yang dilakukan, semua demi keharmonisan dua pihak.

    Saya pernah membaca bahwa Syeikh Ahmed Deedat (Pendakwah Internasional) perlu 40 tahun untuk mengontrol dirinya dengan lebih mau menerima cacian dan kedzoliman demi menegakkan kebenaran. Beliau mampu menjadi jembatan antara orang yang sesat (awam) menjadi orang yang lebih mengerti belas kasih.

    Dalam video ini saya menemukan sosok yang patut untuk menjadi inspirasi diri, bahwa kekerasan, cacian dan makian itu tidak harus dibalas dengan hal serupa. Tetapi dengan penjelasan yang rasional dan pengunaan bahasa yang efektif dapat dengan mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat.

    Terimakasih pak atas inspirasi yang secara tidak langsung memotivasi saya untuk menjadi pemimpin yang lebih arif dalam menghadapi setiap persoalan.



    ABINOWO
    15242872
    Kelas A /Semester IV

    BalasHapus
  8. Mohon ijin komentar dan sedikit beruneg-uneg...
    Apapun kondisi dan posisi kita, hendaknya kita dapat menjadi penerang di kalangan masyarakat untuk dapat menengahi segala persoalan warga yang terkait. Melihat dalam video tersebut, saya juga menjadi teringat oleh Kepala Kantor saya di Kantor Pertanahan Kabupaten Kotabaru era tahun 2013-2014 yang bernama Bapak Drs.Pelopor Yanto,M.Eng.Sc yang mampu menjadi penerang bagi warga termasuk wartawan yang haus akan berita menjadi lebih paham dan lebih tunduk pada aturan yang berlaku. Dengan tata bahasa dan teknik pendekatan yang baik Beliau mampu menjelaskan dan merubah sudut pandang warga terhadap suatu aturan itu.
    Oleh karena itu, sudah semestinya kita dapat belajar bagaimana kita dapat merubah hal yang sebelumnya masih "gelap" menjadi sesuatu untuk di"terang"kan di kalangan masyarakat...
    Terima kasih...
    Nama : ANNIS NARYANA
    NIT : 15242903
    Kelas : B
    DIPLOMA IV / SEMESTER IV / STPN Yogyakarta

    BalasHapus
  9. Tak jarang demo seperti ini terjadi di Kantor Pertanahan dan dari video ini saya benar-benar bangga kepada bapak dimana seorang pemimpin seperti ini yang perlu kita jadikan contoh. Secara terbuka menjelaskan kepada masyarakat sehingga dapat menenangkan masyarakat yang datang menuntut haknya. Semoga pemimpin-pemimpin lain dan calon pemimpin di masa depan dapat mengambil contoh kepemimpinan yang baik seperti ini.
    Nama : Titin Lestari
    Nim : 15242898
    Kelas : A/Semester 4

    BalasHapus