Senin, 05 November 2012

demoskrejo.mpg

3 komentar:

  1. demo masayrakat ke bpn memng sering terjadi. permasalahan demi permasalahan tentang sertifikasi tanah selalu menjadi obrolan hangat para penggarap tanah.

    kesan bahwa BPN menelantarkan pekerjaannya dalam menyelesaikan sertifikat sering simpang siur ditelina masyarakat.

    mengapa ini terjadi??
    pada prosedurnya. penerbitan sertifikat tanah butuh proses dan waktu yang cukup panjang. pengukuran untuk 1 bidang tanah yang luasnya standar bisa menghabisakan waktu berjam-jam. penggambaran, plotting pada peta pendaftaran, Surat ukur, pemunculan NIB, nomor hak milik,
    yang terpanjang prosesnya dari semua itu adalah pengumumannya yang memakan waktu 2 bulan.

    bagaimana kasusnya kalau ternyata tanah yang dikerjakan lebih dari 1000 bidang. jika hanya dikerjakan dengan SDM yang biasa mungkin butuh waktu 1 tahun atau beberapa tahun. apalagi ada tanah yang akan disertifikasi masih belum jelas hak kepemilikannya. sertifikasi akan berjalan jika hak secara hukum tlah jelas.

    jadi bagaimana solusinya agar para pendemo tidak mendemo kantr bpn??
    kalau menurut saya, butuhnya updating informasi tentang sertifikasi tanah itu, kerjasama dengan kepala desa agar kiranya rutin memberikan informasinya kepada masyarakat.. butuhnya penyuluhan yang bisa membuat masyarakat merasa jelas, tahu, paham dan memaklumi keadaan yang sedang di hadapi oleh BPN.

    IMAM ABDILLAH, NIM:13/DI/2013 kelas G

    BalasHapus
  2. Salut pak....Pembawaan yang bijaksana saat menghadapi masalah yang pelik mengenai tanah ini. Masyarakat yang awam pada umumnya hanya demo-demo tanpa tau prosedur yang sebenarnya harus dilengkapi sebagai sarat legalisasi secara hukum. ( Yuda O.G DIV Semester III Kelas B 12212711).

    BalasHapus
  3. Saya menilai demo yang marak terjadi sebagai sesuatu yang manusiawi. Namun, untuk memenuhi tuntutan itu, harus dibarengi peningkatan produktivitas pelayanan BPN terhadap masyarakat, peningkatan produktivitas tersebut akan berdampak positif untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. :v
    Faisal Arif 13/D1/4640 (H)

    BalasHapus